Jumat, Desember 14, 2007

Menembus Teks Kesahihan Bersetubuh


Judul Buku : Ritual Celana Dalam
Penulis : Andy Stevenio
Penerbit : Galang Press
Cetakan : I, 2007
Tebal : 188 hal
Peresensi : A. Qorib Hidayatullah*




Melayani hasrat seksual bagi manusia adalah kebutuhan niscaya. Pencetus teori hierarki kebutuhan pokok manusia, Abraham Maslow, menempatkan di rangking wahid tentang kebutuhan dasar manusia yaitu kebutuhan seksual. Terasa ganjil dan menggelitik bila ada seseorang yang memenuhi hajat seksualnya secara unik, tak sama dari formula senggama keumuman orang.

Stevenio dikaryanya ini berhasil menguak potret beda cara pemenuhan hasrat seksual seseorang. Hal ini tak lepas, concern kajian dia sebagai pemerhati problem anak remaja masa kini.

Erat-kaitannya dengan relasi seks ganjil, Stevenio mengemukakan contohnya. Seperti, bercumbu mesra atau kencan dengan mayat yang tergeletak kaku tanpa nyawa, menyaksikan pasangannya berhubungan dengan orang lain dirinya baru bisa terangsang, mempertontonkan alat kelamin didepan umum untuk mendapatkan sensasi seksual, berhubungan intim dengan boneka, menjadikan bulu ketek sebagai pembangkit libido dan lain-lain. Praktik seksual semacam itu tergolong aneh dan kerap banyak orang menganggap si pelaku terjangkit kelainan seksual.

Beragam praktik keunikan seksual (kalau tak mau disebut kelainan seksual) acap kali terjadi seiring ketaklaziman si pelaku seks atau berbeda dengan hubungan seksual konvensional. Mereka tak anyal dikatakan sebagai orang yang abnormal, dikarenakan jauh dari praktik seksual pada umumnya. Peristiwa sadomashokis, misalnya. Dimana, hasrat si suami dapat tersalur mulus dengan nafsu gairah memuncak ketika si istri dipukuli lebih awal, dan dapat dipastikan kondisinya meronta kesakitan bahkan menangis, baru ia (suami) terangsang “menggarap” istrinya.

Lebih jauh, Stevenio ingin mengungkap bahwa rute raih kepuasan seseorang perkara seksual cukup berbeda-beda. Seakan ditegaskan, tak berhak jika kita menghakimi ekstase seksual orang lain. Model-gaya seksual seseorang dapat dipastikan telah memiliki ruas jalan masing-masing dalam meraih kenikmatan seksualnya.

Ritual celana dalam atau lebih tepatnya Ritual isi celana dalam, memiliki kecondongan pandangan unik dimana hubungan intim yang konvensional tak lagi mampu memuaskan keinginan hasrat seksual mereka. Sehingga, mereka mempunyai alternatif sendiri guna menyalurkan keinginannya. Satu puncak kepuasaan yang sesungguhnya dituntut oleh isi celana dalamnya.

Seiring kecanggihan tekhnologi, HP misalnya, yang banyak membantu mempercepat relasi komunikasi sehari-hari, memiliki efek besar terhadap relasi seksual manusia. Tak diterka-sangka, berkat bantuan HP, muncullah istilah Sex-Phone, dijadikan tren acuan meraih kepuasaan seksual orang modern.

Tak sedikit orang menggunakan jasa sex-phone bila kebutuhan biologisnya mendesak. Caranya pun tak terlalu rumit, tinggal kita memilih betah di gagang telepon untuk ngobrol-ngobrol dengan seseorang, tentunya lewat ocehan-ocehan vulgar yang mampu membangkitkan gairah hingga pada tingkat yang paling tinggi atau klimaks.

Meski dipaparkan dimuka mengenai banyaknya praktik seksual unik, tidak kemudian menjadikan kita berhak penuh dengan mengatakan: “tindakan mereka itu salah dan jauh dari moral berkeadaban.” Mereka adalah orang gila, sebab perilaku seksualnya berbeda dengan lazimnya aktivitas seksual keumuman. Merunut pemikiran filsuf post-modern, Michel Foucault, telah mengadopsi prinsip-prinsip geneologis guna mengobrak abrik kategori-kategori yang oleh masyarakat dimutlakkan.

Seperti penelitian historis Foucault tentang kegilaan. Lewat penelitian itu, Foucault ingin menyerang terhadap pemutlakan kegilaan sebagai penyakit mental. Kita cenderung menyebut orang yang tiba-tiba melucuti pakaiannya didepan umum sebagai orang “gila”. Seseorang yang harus segera mendapat bantuan profesional.

Kegilaan, bagi Foucault bukan suatu sudah pada kodratnya penyakit. Lebih jauh, penelitiannya membuktikan bahwa pada satu masa kegilaan bukan di konsepsikan sebagai penyakit, melainkan kesalahan moral yang mereduksi manusia ketingkat kebinatangan. Degradasi yang membuat manusia harus dikurung dan diisolasi, justru bukan disembuhkan.

Foucault, seorang filsuf yang gagah berani. Ia mampu melacak kegilaan dan pergeseran artikulasi yang bersifat normatif antara pengalaman yang valid dan tak valid, serta perilaku yang dianggap normal dan tidak normal. Kaitannya dengan kehidupan, Foucault memproyeksikan hidup sebagai seni. Hidup adalah penciptaan diri lewat pelampauan yang terus-menerus. Karenanya, kotak-kotak kategorial yang membungkus rapi eksistensi manusia harus disobek-tembus.

Kategorisasi kegilaan bukan kesalahan yang kemudian dibenahi oleh psikologi modern. Kegilaan, baik secara cacat moral maupun penyakit mental, tak lebih dari sekadar konstruksi sosial. Nietzche, filsuf yang duduk di aliran anti-esensialis, pernah melakukan hal yang sama terhadap moralitas. Kategori moralitas Kristiani yang dianggap suci, bening, dan mutlak dibuktikan sebaliknya. Kategori tersebut muncul pada satu konteks historis tertentu. Konteks historis saat para budak yang terhina membalik nilai-nilai aristokrat yang dikaguminya menjadi “yang jahat dan terkutuk”.

Membincang seksual tak hanya sekadar relasi intim antara pria dan wanita, serta kepuasaan an-sich diantara keduanya. Lebih jauh, seks diharap mampu menjadi batu-bata peradaban kukuh kelak dengan menciptakan keturunan-keturunan tangguh. Lewat seksualitas produktif dituntut amanah memperkaya manusia dan menjaga kelangsungan spesies homo sapiens, manusia yang bijak dan berpikir.

Buku Stevenio ini, memperkaya pengetahuan kita tentang keunikan- keunikan praktik seksual yang dilakukan si pelaku seks. Keberhasilannya memotret panggung teater keunikan seksual yang tergolong jarang diekspos oleh orang secara umum, saya pikir ia patut disemat sebagai pembela pelalu seks pinggiran. Banyak diantara kita menganggap, peristiwa seksual adalah hal tabu. Berbicara seks, kerap kita dianggap menebar aib ke orang lain. Bukankah sex education juga dibutuhkan?

Tidak ada komentar: